''semoga Allah sumber pengharapan memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan''
Daftar Blog Saya
Sabtu, 10 April 2010
SUPERVISOR SALES
TUJUAN: Sebagai jembatan/fasilitator,motivator, pengawas lapangan, pembentuk
struktur organisasi yang lebih baik,pengarah sasaran.
FUNGSI/TUGAS:menciptakan lingkungan&suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan,
membuat estimasi penjualan dan rencana kerja.Sebagai koordinator ,
auditor lapangan, toping up, market intelejen, memberikan dukungan
teknologi, memimpin tugas lapangan. Membuat&mengusulkan program
penjualan, memberikan pelatihan, menentukan dan membangun saluran
penjualan.
PERSYARATAN: kematangan pribadi, jujur&disiplin, antusias&bergairah, berjiwa
pemimpin, sanggup membina tim penjualan, berpikir dan bertindak
rasional, kerja cerdas dan iklas, kreativitas,komitmen, sanggup menjadi
teladan/panutan.
KETRAMPILAN: team work, negoisasi, problem solving, analisa pasar, penetrasi pasar,
membuat mapping, membuat database, menentukan rute.
TANGGUNG JAWAB: memeriksa biaya operasional, kunjungan, laporan-laporan,
menyelesaikan penjualan, hutang jatuh tempo yang harus di tagih,
giro tolak, barang retur,barang rusak, kedaluwarsa, dll.
Menunjuk/mengantikan anggota tim yang tidak masuk kerja,memberikan
training, meng update data base pelanggan,menandatangi surat
pesangan barang, merekap hasil penjualan dan setoran anggota tim,
memantau kinerja tim, secara berkala mengadakan
brainstorming/pertemuan rutin, evaluasi kinerja,
mempertanggungjawabkan kinerja tim kepada atasan. membuat
sasaran/target penjualan(value,efective call,tagihan, distribusi,
dll).
WEWENANG: merekomendasikan kebijakan yang telah dibuat bersama timnya kepada
pimpinan untuk dimintakan persetujuan:menyimpulkan informasi,
merekomendasikan atas dampak positif/negatif,fasilitas pelanggan(diskon,
servise, limit kredit/penjualan, term of payment. outlet
pelanggan,branding toko, papan nama toko, display produk, dll.
merekomendasikan promosi jabatan, bonus, kenaikan gaji thd timnya,
perubahan rute/pelanggan, formasi tim, perubahan status pelanggan
berkaitan dgn kebijakan/peraturan perusahaan.
seleksi anggota tim baru, teguran/peringatan,merekomendasikan permintaan
barang, pelatihan/training anggota baru, penyegaran/wawasan baru,
delegasikan tugas-tugas yang bisa dilimpahkan kepada sales.
TEKNIK MENYUSUN DATA BASE:
membuat,melaksanakan,mengontrol,merawat,memperbaharui,menambah,mengevaluasi
database. kartu pelanggan.
MENYUSUN&MELAPORKAN LAPORAN KERJA:menyusun laporan kerja, laporan kerja, menyusun
standar laporan.
TEKNIK MEMBUKA PASAR POTENSIAL:survey pasar,membentuk formasi tim penjualan,
penetrasi pasar.
PENGAWASAN LAPANGAN:toping up, kroscek call sheet, konfirmasi hutang pelanggan.
MENENTUKAN TARGET PENJUALAN:dasar menyusun, cara menyusun, melaksanakan target
penjualan .
STOK BARANG:mengendalikan retur barang, menghindari reur barang, mengendalikan
barang rusak.
PELATIHAN TIM PENJULAN:joint visit, in house training, publik work shop.
dimabil dari: 2012 sales supervisor bisa kiamat. fxs.10/04/2010, jkt.kbnjrk
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar